Interface Construct 2

watch_later Minggu, 20 Agustus 2017
Antar muka atau interface Construct 2 secara umum terbagi menjadi dua, yaitu layout/event view dan bar-bar pendukung project.

1. File Menu dan Ribbon Tabs
Construct 2 menggunakan interface ribbon, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Tombol biru dengan panah drop-down adalah File menu, dan ke kanan selanjutnya adalah tombol ribbon yang akan memunculkan ribbon bar berisi menu-menu sesuai kategorinya.



Terdapat juga quick-access toolbar yang berisi 4 tombol perintah yang umum digunakan : Save, Undo, Redo dan Preview. Kamu bisa menambah dan menghapus tombol tersebut dengan mengklik tombol panah di sebelahnya.

1.1 File Menu



File menu dapat diakses dengan mengklik tombol biru di sudut kiri atas ribbon. Recent Projects pada sebelah kanannya adalah daftar project terbaru yang kita buka.
  • New : Membuka dialog Create New Project unntuk membuat project baru.
  • Open : Membuka project yang terdapat di disk komputer kita.
  • Save : Menyimpan project yang sedang kita kerjakan ke harddisk.
  • Save As Project : Menyimpan project beserta assetnya dalam suatu folder.
  • Save As Single File : Menyimpan project menjadi satu file berekstensi .capx.
  • Export project : Mengekspor game kita ke platform yang diinginkan.
  • Close Tab : Menutup tab yang sedang dibuka.
  • Close Project : Menutup project yang sedang dibuka.
Di bawah File menu juga terdapat 4 tombol tambahan :
  • Help : Membuka manual Construct.
  • About : Membuka dialog About yang berisi infomasi tentang versi Construct 2, dan lain-lain.
  • Preferences : Membuka dialog Preferences unuk pengaturan Construct 2.
  • Exit : Menutup Construct 2.
1.2. Ribbon

Secara default, ribbon tersembunyi hingga kita mengklik salah satu tab ribbon. Kita bisa mengatur agar ribbon tampil secara permanen dengan mengklik pin button di sudut kanan atas layar. Keyboard shortcuts dapat ditemukan dengan mendekatkan mouse ke tombol pada ribbon atau dengan mengklik tombol Alt.

The Home tab

Home tab berisi fungsi-fungsi standar software pada umunya, seperti Cut, Copy, Paste, Undo dan Redo. Tombol Delete, Select All, dan Select None memberikan pengaruh pada Layout View atau Event Sheet View yang sedang aktif. Bagian Preview berisi tombol untuk preview project dan tombol untuk ekspor game kita ke platform yang diinginkan.
The View tab

Bagian Bars berisi pengaturan untuk menampilkan berbagai bar antarmuka pada Construct 2. Bagian Zoom untuk memperbesar atau memperkecil Layout View maupun Event Sheet. Bagian Layout Grid hanya akan aktif ketika Layout View juga aktif. Dengan mengaktifkan Snap to Grid, objek yang kita gerakan dan pindahkan akan terikat ke grid yang telah kita atur. Theme mengizinkan kita untuk memilih style visual untuk antar muka Construct 2 kita.
The Events tab



Tab Events hanya akan aktif ketika kita bekerja pada Event Sheet View. Jika Layout View yang sedang terbuka, semua tombol pada Tab Events tidak akan aktif. Pada tab ini terdapat button-button untuk mendukung pembuatan event game kita.
2. Layout View dan Event Sheet View
2.1. Layout View


Layout View adalah visual editor tempat kita meletakkan objek untuk mendesain game kita, level, menu screen, dan lainnya.

2.2. Event Sheet View

Event Sheet View adalah tempat dimana event-event ditambahkan, dilihat, dan di-edit dalam tampilan event sheet menggunakan sistem event tanpa-pemrograman Construct 2.

Diagram Event

Events are made up of three major sections: Events terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :
  1. Event Block yang berisi kondisi. Margin di sebelah kiri kondisi adalah untuk memilih sebuah event event.
  2. Kondisi, berisi syarat-syarat untuk menajalankan aksi dari sebuah event.
  3. Aksi, berisi hal-hal yang akan dilakukan selanjutnya.
3. View Tabs
View Tabs berguna untuk berpindah antara layout view dan event sheet view.

4. Properties Bar

Properties Bar adalah bagian penting dari interface Construct 2. Bar ini menampilkan semua pengaturan yang bisa kita ubah untuk setiap object yang dipilih. Pada gambar di bawah, sebuah layout sedang dipilih, jadi properties dari layout itulah yang ditampilkan di Properties Bar. Jadi, setiap suatu objek diklik atau dipilih, properties dari objek tersebut akan ditampilkan di Properties Bar.


5. Project Bar dan Layer Bar

5.1. Project Bar

Project Bar berisi semua file yang terdapat pada project kita.


5.2. Layer Bar
Layer Bar digunakan untuk menambah, mengubah, dan menghapus layer pada suatu layout. Sebuah layer dapat diibaratkan sebagai sebuah objek kaca dimana kita bisa menggambar pada kaca tersebut. Dengan layer, kita dapat mengatur objek mana saja yang diletakkan di atas dan mana yang diletakkan di bawah.

layersbar_2


6. Project Bar / Layer Bar Tabs



Tabs ini berfungsi untuk berpindah antara Projects Bar atau Layer Bar.

7. Object Bar
  • Yang sedang dikerjakan oleh Construct 2 selama Long-Running Task.
  • Jumlah event yang terdapat pada project.
  • Perkiraan ukuran game kita.
  • Nama layer yang sedang aktif.
  • Posisi mouse pada koordinat layout.
  • Level zoom.
9. Top-Right Buttons
Bar ini berisi objek-objek yang terdapat pada game. Objek tersebut dapat di-drag dan di-drop ke layout untuk meletakkan objek tersebut.

objectbar
8. Status Bar
Pada bagian bawah, terdapat Status Bar yang menampilkan :
Selain tombol minimise, maximise dan close pada aplikasi Windows umunya, pada Construct 2 terdapat juga tombol Pin Ribbon untuk mengatur agar ribbon selalu ditampilkan dan juga terdapat tombol About untuk membuka dialog About yang berisi informasti tentang Construct 2.



sentiment_satisfied Emoticon